Kamis, 11 Desember 2008

Berburu Barang Antik? Ada juga di Surabaya

Dinas Pariwisata Jawa Timur merekomendasi tempat ini sebagai tempat tujuan untuk memperoleh barang-barang yang bernilai etnik nan unik. Tapi awas, teliti dulu barang antiknya!


Terletak di Surabaya, kawasan Bodri yang terletak di jalan dengan nama yang sama, memang memajang benda-benda kuno bernilai seni. Jalan yang tidak terlalu panjang yang terletak di sebelah barat Gelora Pancasila, bersebelahan dengan Jl. Indragiri, Anda akan mendapati deretan pedagang barang antik berjajar rapi.

Daerah ini cukup dikenal di kalangan kolektor barang antik Jawa Timur bahkan mancanegara. Nyatanya memang banyak pemburu barang antik, terutama Jepang dan Malaysia yang mampir di tempat ini.

Semenjak stan-stan di sepanjang Jl. Urip Sumoharja dan Jl. Panjang Jiwo digusur, praktis hanya kluster pedagang barang antik di sini yang masih bertahan. Biasanya para kolektor memburu barang-barang yang berasal dari dinasti Cina dan barang antik lokal yang berumur tua.

Di jalan Bodri saat ini terdapat delapan stan.Walaupun tidak setiap hari barang dapat terjual, pedagang di sini mengaku setidaknya bisa mendapatkan omzet rata-rata perbulannya antara 10 hingga 15 juta rupiah. Jika sedang panen pendapatan bisa mencapai 50 juta. Wow.

Tidak ada komentar: